Selasa, 26 Juni 2012

Cara Sehat di Depan Komputer


Bagi seorang blogger tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya komputer/laptop. Kok bisa nggi? Nah, kalau mau nge-blog lewat mana kalau nggak lewat komputer/laptop? Lewat alam pikiran bawah sadar? oh.. iye bener... Dengan intensitas yang cukup lama di depan perangkat canggih itu berdampak kurang baik untuk tubuh kita. Salah satu cara agar tetap fit saat di depan komputer adalah sebagi berikut : 
  1. Jika bermain komputer dalam jangka waktu panjang alangkah baiknya menyediakan air minum (air putih atau semacamnya) hal ini dilakukan untuk mengurangi dehidrasi, karena kalau dekat komputer kita kena radiasinya, jadi cepat haus dan dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Contohnya netter yang duduk lama terus bangun dan tiba-tiba pandangannya jadi gelap (saya sering mengalaminya). Nah ini salah satu cara buat netter mencegah hal itu terjadi.
  2. Alangkah baiknya mengistirahatkan mata 10-20 menit setiap 2-3 jam sekali. Bagusnya lihat pemandangan yang jauh dan berwarna hijau karena warna hijau merupakan warna yang cerah dan di buku ditulis dapat menyegarkan mata yang kecapekan. 
  3. Jangan duduk kelamaan karena bisa mengganggu atau menyebabkan ginjal dan hati kita cepat rusak. Tips yang pertama itu juga berfungsi untuk mencegah hal ini terjadi (lebih baik mencegah daripada mengobati).
  4. Kalau bisa saat berada di dekat layar komputer, Resolusi cahaya atau brightness-nya dikecilkan dan pandangan jarak mata diperjauh dari monitor untuk menghindari radiasi yang berlebihan dari komputer-agar mata tidak terlalu cepat lelah dan cepat rusak.
  5. Bagi yang suka main komputer/laptop dengan matiin lampu, ini sangat berbahaya, selain mempercepat proses perusakan mata. Hal ini juga bisa membuat otak kita menjadi cepat lemah dan rusak.Biasanya membuat mata kita sakit pada keesokan harinya dan menyebabkan mata tidak tahan melihat terang atau cahaya dari luar. 
Posisi penggunaan komputer yang ideal adalah:

1. Pandangan sejajar dengan komputer.
2. Kepala tidak menunduk.
3. Posisi bahu yang santai.
4. Posisi punggung yang tertopang.
5. Gunakan bantalan yang lunak untuk menopang paha bagian bawah.
6. Tangan sejajar lengan bawah.
7. Tinggi monitor yang sejajar pandangan dan lengan.
8. Kaki pada bantalan kaki.

Hal-hal yang salah dalam menggunakan komputer yang menyebabkan kita sakit:

1. Posisi monitor yang menunduk.
2. Leher yang tidak sejajar dengan monitor.
3. Keyboard membentuk sudut dengan pergelangan tangan.
4. Bantalan yang menekan sisi dalam paha.
5. Kaki yang tidak menyentuh lantai.
6. Menggunakan mouse yang terlalu jauh, mengakibatkan kejang otot lengan.
7. Posisi lampu yang tidak tepat. 
Jadi begono teman-teman. Marilah kita jaga dan rawat mata kita dengan sabaik-baiknya. Agar mata kita selalu sehat dan bugar. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo